Langsung ke konten utama

Ceritanya ini KKN part 2 - Si Icak bermasyarakat




Setelah gue tulis bagian intro kemarin yang ngak berguna tapi boleh banget kalau kalian baca, gue bakalan lanjutin cerita gue ke masa-masa kkn. gue kkn selama 50 harı, kalau ditotal katanya dengan minggu pertama observasi daerahnya dan minggu terakhir penulisan laporan. Kalau gue cerita in satu satu ini bakalan lama banget jadi setelah gue teliti lebih lanjut. Gue bakal bagi cerita gue di tiga bab, bagian asmara, pertemanan dan masyarakat.


Bagian ini gue bakalan mulai dari masyarakat. Kenapa? Kalau gue liat-liat bagian terpenting kkn ya masyarakatnya dan buat gue yang ngak ngerti daerahnya ini mah seru banget. Seperti yang gue bilang dicerita sebelumnya. Gue kkn jauh banget dari ugm buat gue nih ya yang orang nya mageran dan suka sakit kalau abis motoran se jam. Sebenarnya acara warganya itu banyak kayak mitonian acara 7 bulanan, acara kajian, 17an dan masih banyak lagi tapi ya gitu gue cerita nya dikit aja

Lokasi kkn gue disentolo, kalau gue liat di google maps itu sekitar sejam dari ugm kalau bawa motor nya pelan kayak gue. Dusunnya namanya wonobroto. Pokoknya wonobroto itu ada artinya hutan apa gitu gue lupa. Dusun ini kebudayaan jawa nya masih kuat banget, pas gue lewat gue liat slogannya desa budaya ya berarti kebudayaannya kuat ehe. Sotoy ngak tuh. Kelompok kkn gue jumlahnya  satu unit ada 30 orang, dibagi diempat dusun jadi satu dusun dapet 7/8 orang. Di dusun gue kebagian 8 orang, yang 5 nya cewek dan 3 nya cowok. 6 dari 8 orang ini adalah orang jawa. Pasti kalian ngerti lah ya, dua orang bukan jawa itu salah satunya gue, dan satu lagi temen gue dari medan. Jadi karena bahasa jawa gue yang cetek banget, gue jadi pengamat aja kalau lagi kemana-mana, terus ngangguk dikit dan senyum ehe.


Waktu penyambutan didesa tuksono,nama desa tempat dusun gue tinggal. Nah Ribet kan, pokoknya gitu. Kalian baca pelan-pelan biar ngerti. Waktu penyambutan di desa. Gue ditanyain udah makan atau belum sama si kepala desa. Walaupun bahasa jawa gue cetek, tapi kalau masalah ngartiin gue bisa dikit-dikit lah apalagi pertanyaan cuman nanya udah makan atau belum. Pasti lah gue bisa jawab, gue jawab dong. Awalnya gue mau ngangguk doang, tapi gue mau coba lah pake bahasa jawa gue keren ini. Gue jawab “Uwes Pak” 
Platak
Gue ditabok temen sebelah gue. Katanya ngak sopan. Oo ternyata harus pakai jawa kromo gais, mana gue ngerti, apa itu kromo apa itu ngoko. Usut punya usut ternyata itu tingkatan dalam bahasa jawa. 

Akhirnya gue kalau ditanya cuman ngangguk-ngangguk aja, gue kapok nanti gue dimarahin lagi, gue kan anaknya selalu belajar dari kesalahan. Pernah disuatu acara nikahan, gue disuruh motoin orang lamaran, udah berasa kayak fotografer professional gue. Ada mbah-mbah tiba-tiba megang kaki gue. Gue kaget terus dia ngomong sesuatu, gue terpana sekian detik mencoba mencerna apa yang beliau omongin, dalam hati gue mencoba menguatkan diri gue “icak bisa cak, tenang tenang”. Akhirnya gue ngangguk sambil ooo nggeh mbah. Mbahnya diem, mungkin jawaban gue ngak seperti yang diharapkan. Maaf nggih mbah ehe 

Lain cerita lagi, dalam kegiatan kkn yang ada dalam sub unit gue ( kalau nanya sub unit itu apa, itu lo kelompok yang tinggal disatu dusun jadi namanya sub unit  ), yang kerjanya nanyain rumah orang-orang ada ini ngak pak buk atau orangnya ada berapa. Kita berdelapan dibagi jadi 4 rt.  Jadi intinya kita berdua-dua. Gue dan temen gue yang namanya juga sama sama gue satu tim di rt yang buayak poll. Seinget gue kartu keluarganya lebih dari 70. Dengan sok ngide gue ngapalin satu kata “kulo mboten saget boso jowo, kulo saking sumatera” (saya ngak bisa Bahasa jawa, saya dari sumatera) jaga jaga kalau ada yang nanya gue terus gue cuman ngagguk-ngangguk aja ntar dikira ngak sopan lagi. Kita keliling sambil mencar sekali-sekali biar survey lebih cepat dan gue juga ada kerjaan, kasian temen gue yang ngomong terus ntar abis survey suaranya Ilang lagi. Enaknya buat gue kalau survey, gue makai Bahasa indonesia. Jadi kalau ngobrol itu bentar, pas gue ngikut temen gue dia jawanya lancar poll. Jadi kalau mau survey pasti dong lama, kan ngobrol dulu basa basi dulu.

Setelah sekian rumah gue berhasil. Gue nyari rumah lain buat gue survey, pas lagi manggilin dari luar, kulon nuwun. Gue ngak ngerti artinya gue cuman niru temen gue, yang gue ngerti kulon itu artinya selatan dan nuwun itu makasih ehe. Bingung ngak tuh, masak mau permisi tapi ngomong nya selatan makasih atau makasih selatan (mana tau artinya dibalik kek bahasa inggris). Setelah teriak sekitar tiga kali ngak ada yang keluar dari rumah. Oke skip, tapi tiba-tiba mbah-mbah yang nyahut gue dari belakang (ini mbah tadinya gue skip Karena pasti pakai bahasa jawa, gue ngak bisa mbah, okey gue masih terlibat dengan si mbah-mbah). Ra ono wong. oke, gue mau beranjak pergi si bapak teriak lagi. Ra ono wong. Nggeh mbah ra no wong (ini gue paham artinya, gampang mah ini cincai teman-teman).


Gue ngerasa ngak enak sama si mbah. Gue nyamperin tuh. Tiba-tiba beliau ngomong yang sekali lagi gue ngak ngerti sama sekali, tidak-tidak gue ngak ngerti. Tolong mbah, tolong. Gue coba potong ditengah-tengah dia lagi narik nafas. Gue ulangin kata-kata yang gue udah hapal kemarin. Simbah tetap ngomong. Oke gue dengerin. Dari sekian obrolan yang keluar gue cuman paham sama kata-kata mbacok bacok an. Gue ngak tau salah gue dimana masak gue cuma survey tapi sampai mau dibacok orang-orang. Akhirnya gue liatin tu dari ujung kaki sampai korsa yang gue pakai. Apa wajah gue kayak rentenir ya? Mungkin mbahnya masih belum bisa move on dari masa penjajahan. Loh kok sampe ke penjajahan, mbahnya ini dah tua gue nebak-nebak aja soalnya ada kata-kata bongso bongso gitu, kali aja ini maksudnya bangsa. Gue mau chat temen gue tapi disana sinyal nya E, astaga astaga. Ngak lama temen gue dateng. Dia ngeliat ada yang ngak beres, akhirnya nyembunyin kertas yang dibawa terus datang sambil senyum-senyum. Dia bilang ke mbahnya kalau kita cuma jalan-jalan terus pamitan ngacir lari. Setelah keliling lagi, kita tanyain tuh masalah si mbah tadi ke warga sekitar. Ternyata mbah rada ngak bener dan pernah hampir ngebacok orang karena masalah tanah yang dia pikir itu adalah tanahnya dia. Oke gue ngomong selama sepuluh menit sama orang yang bener. Ehe good icak. Good 👏 .

Nah kebetulan pas gue lagi kkn. Bulan ini jatuh sebelum bulan suro. Gue lupa namanya apa dan katanya kalau udah dibulan suro udah baik ngadain acara yang baik, kayak nikahan dan lainnya kecuali ada yang meninggal. Akhirnya jadilah manusia yang bermasyarakat, gokil ngak tuh peningkatan cak.Gue datang ke sana sini buat makan doang, sambil senyum ngupasin jeruk ehe. Gue ngak bisa bantu dimasak nanti gue dikasih intruksi gue salah tangkep dong, gue takut semua orang kenapa napa lagian gue juga bukan dokter pasti gue ngak ada solusi buat masalah yang udah gue buat. 

Gue pernah dateng keacara lamaran, padahal isinya bapak-bapak semua. Gue sama satu temen cewek dan temen cowok bawain seserahannya. Aneh banget nyelip di antara bapak-bapak. Saat lamaran sibapak-bapak ngasih sambutan panjang kali lebar pakai bahasa jawa. Jelas gue ngak ngerti, pas lamaran ada adegan malu-malunya, ya gue ngak paham. Pas ngobrol-ngobrol, gue dibilang punya wajah jawa. Gue ngak ngerti juga, emangnya ada beda gitu ya wajah sumatera sama jawa, mungkin wajah jawa itu ada manis-manisnya kayak makanannya gitu (berarti gue manis dong, aduh jadi malu ☺️ ). Jadi banyak yang salah sangka sama gue pas ngomong dihajar bahasa jawa kayak gue yang expert aja

Yang paling bikin gue susah pas acara wayagan sama kajian. Pokoknya pernah ada Kajian yang lucu banget yang bikin orang ketawa sampe cekikikan. Lah gue nya. Ngak paham gais tapi gue egois gue juga pengen ketawa kayak mereka. Akhirnya temen gue yang baik hatinya. Selalu mentranslate buat gue. Makasih lo temen-temen. Salam salut, peluk sayang. Pas mereka mau ketawa gue tahan dulu, translatein dulu buat gue. Terus baru ketawa, jadi kalau gue mau ketawa diakhir ada temennya ngak malu sendiri ehe. 

Intinya pada bagian masyarakat ini gue paling bermasalah dibahasa, gue pikir-pikir lagi bahasa jawa tu menyenangkan, logatnya lucu dan ekspresif. Gue hampir aja diajarin bahasa jawa keraton sama kepala dukuh gue, kata temen-temen gue itu jawa yang sulit. Untung gue nolak kalau ngak. Pindah persukuan gue jadi jawa asli. Dari 50 hari itu gue udah sejauh mana, pasti kalian kepok kan. Gue udah meningkat gais, dulu gue cuma bisa ora sekarang gue dah bisa mboten, dulu gue juga bisanya maem, sekarang dah bisa dahar. Keren ngak tuh?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problema Burjo Si Warmindo (Warung Makan Indomie)

Kali ini gue bakalan cerita tentang gimana gue makan. Sebagai anak kosan sekaligus anak perantauan gue mencoba hidup hemat. Gue udah susah ngebedaian mana yang hemat dan mana yang pelit. Menurut perhitungan gue, duit yang dikirim ama emak dan bapak gue itu udah lebih dan banyak. Tapi, gue tetap make prinsip mau hidup hemat dan tetep nanemin kalau gue anak rantau. Ceritanya buat pembelaan diri aja. Gue kuliah di daerah yang katanya serba murah. Tapi, gue belum pernah tu makan IDR 4000 kenyang. Minimal IDR 6000, itu pun makan ama tempe 2 dan senggok ca kanggung.  *Sedikit informasi aja, gue baru tau istilah ca kangkung tu disini. Jadi ada dua perbedaan pengolahan kangkung. Satu itu ca kangkung, ca kangkung itu kangkung yang dimasak tumis pake cabe rawit jadi pedes. Nah, satu lagi tumis kangkung, tumis kangkung ini kangkung yang ditumis pedes trus dikasih kecap. Kebayang ngak gimana rasanya? Bikin dilema dan ngak yakin ini pedes atau manis. Nah, katanya tempat makan yang populer u

Kenalan singkat, kalau panjang kepanjangan

Kenalin, Ini si  icak . Ceritnya sekarang gue udah gede terus ngerantau ke pulau sebelah. Gue disini ngak punya kenalan atau keluarga, eh tapi akhirnya gue punya saudara baru tau kemarin ini —okeh ngak papa gue kuat kok—. Gue bukan anak tunggal, jadi gue punya saudara kandung. Satu kakak sama satu adik —bentukan lain kali aja gue bikin—. Gue tumbuh jadi anak yang baik dan sopan dannn ramah —ini pendapat pribadi ya, jadi bebas gue mau ngomong apa—. icak versi sd dan icak versi sma Ada yang bilang " puberty hit me hard"  kayaknya itu ngak berlaku buat gue deh dari dulu bentukkan gue sama, bedanya tinggi doang, gue ngak tiba-tiba jadi cantik habis puber —ehe—. Terus kalau kalian tanya bentukkanya gimana.Ya, mirip-mirip yang digambar lah. Rambut dikucir kayak anak sd —kucirnya harus ditengah, tegak lurus sama jidat— terus pake baju ijo —kenapa harus baju ijo yak? gue cuman punya ini doang, jadi gue buka donasi baju baru ya, harus baru—, Udah gitu

Anggap Saja Kalo Itu Berani

Disuatu hari yang cerah dan panas yang sangat terik, gue kuliah dijam yang sangat pagi, tepat disaat itu gue pembukaan disuatu acara yang katanya si peserta wajib ikut. Nah masalahnya kuliah ini sangat krusial dipengaruhi pelajaran yang sangat mematikan dan harga nilai yang tidak bisa ditoleransi. Kalk**** .  Jadi gue putusin buat dateng ke acaranya setelah kelas dan cabut dari acarasebelum kelas selanjutnya. Karena gue mahasiswa garis keras alias pejalan kaki bau peluh yang intinya gak punya motor, gue akhirnya minjem motor temen .  Gue pergi ketempat tujuan, nah sampe disana, gue jalan sok keren pasang co-card trus naik ke lantai 3 tempat acaranya. Sampai depan pintunya gue bingung dan gak berani masuk merasa diri ini sudah terlambat karena sekian jam. Setelah kebimbangan yang cukup pendek akhirnya gue mutusin pergi dan cabut buat belanja bulanan                 Gue selesai belanja tepat 2 jam sebelum kelas selanjutnya, gue putusin buat tidur dikosan dulu. Setelah nyampe dikam