Langsung ke konten utama

Problema Burjo Si Warmindo (Warung Makan Indomie)


Kali ini gue bakalan cerita tentang gimana gue makan. Sebagai anak kosan sekaligus anak perantauan gue mencoba hidup hemat. Gue udah susah ngebedaian mana yang hemat dan mana yang pelit. Menurut perhitungan gue, duit yang dikirim ama emak dan bapak gue itu udah lebih dan banyak. Tapi, gue tetap make prinsip mau hidup hemat dan tetep nanemin kalau gue anak rantau. Ceritanya buat pembelaan diri aja.
Gue kuliah di daerah yang katanya serba murah. Tapi, gue belum pernah tu makan IDR 4000 kenyang. Minimal IDR 6000, itu pun makan ama tempe 2 dan senggok ca kanggung. 
*Sedikit informasi aja, gue baru tau istilah ca kangkung tu disini. Jadi ada dua perbedaan pengolahan kangkung. Satu itu ca kangkung, ca kangkung itu kangkung yang dimasak tumis pake cabe rawit jadi pedes. Nah, satu lagi tumis kangkung, tumis kangkung ini kangkung yang ditumis pedes trus dikasih kecap. Kebayang ngak gimana rasanya? Bikin dilema dan ngak yakin ini pedes atau manis.

Nah, katanya tempat makan yang populer untuk mahasiswa itu makan diburjo. Burjo bakalan setia nemenin lo saat lapar. Saat awal bulan bagi yang pelit, tengah bulan apalagi akhir bulan. Sebenarnya tempat makan ini namanya bukan burjo, melainkan warmindo (warung makan indomie) dan burjo itu sendiri artinya Bubur Kacang Ijo. Pasti pada bingungkan ngapain ada bubur di warung makan mi. Nah itu dia, gue belum sempet tu nanyain sama yang ngenalin istilah burjo dulu. Semua warmindo sama, ada tulisan jual burjonya ngak tau tu bener-bener jual burjo atau ngak. Jadi itu udah ketentuan ya, kalau kalian mau bangun warmindo jangan lupa tulis kalau kalian sediain burjo. Kalau ngak artinya kalian kurang menjiwai tu. Nah, yang hebatnya lagi, kebanyakan warmindo bakalan nyediain mie nya dengan merek indomie. Kalau nyediain merek sedap jadi warmidap ehe.
Jadi gue putusin gue sering makan di warmindo. Biar hemat dikit. Tapi ngak makan mi. Soalnya gue takut sakit.Udah pelit sok takut sakit lagi ehe. Nanti kalau sakit gue jadi kangen rumah deh. Trus gue nangis-nangis sendiri di kamar. “Emak pengen pulang, gue ngak sanggup kayak gini”. 
Di burjo, gue makannya nasi orak-arik. Itu nasi sederhana banget. Kalian bakalan dikasih telor yang diorak-arik ( orak-arik itu di pas dimasak diancurin dan dicampur sama bahan lain)  ama sayuran ditambah tempe dikit andd voila jadilah nasi orak-arik. Berhari-hari gue lalui bersama burjo, akhirnya gue bosan. Masa’ idup gue gini-gini aja. Burjo-burjo dan selalu burjo. Gue mutusin untuk move on ke ayam geprek. Nih ayam paling hits seantero lingkungan kampus.
Waktu gue ke kedai ayam geprek. Gue ditanyain tu ama penjual nya.
“mau makan disini atau bungkus?”
“sini aja mas” 

 Yang  hebatnya, disana lo ngambil nasinya sendiri dan sesuka hati lo mau berapa banyak dan harganya juga cuma IDR 3000. Habis tu gue ngambil ayamnya, gue ngeliat tempe juga, eeeh ada saudara tempe juga si tahu gue ambil juga dah. Setelah pengambilan yang banyak itu. Gue pergi ke mas-mas yang tadi biar ayamnya digeprekin. 

*Pada tau geprek ngak? Geprek itu, semua lauk pauk yang gue ambil tadi, dipukul-pukul ama ulekan trus dikasih dicampur sama cabe yang di ulek diawl. Coba kalian bayangin kalau si nasi ikut dipukul-pukul ama ulekan, jadi bubur ngak berbentuk 

Lalu simas nanya “ mau cabe berapa dek?”. Setelah berhari-hari disini gue sadar kalau cabe daerah sini tu ngak pedes. Gue jawab tu si mas “ 8 aja mas”. Trus dia ngambil itu cabe rawit 8 biji dan diulek sama bawang putih dan pastinya ada si micin juga. Fakta nya tu cabe, cabe mentah dan ngak dimasak. Habis diulek dia ngambil ayam, tempe ama tahu tadi. Trus dia geprek deh bareng cabe tadi. 

Setelah makanan tu sampe ketempat gue duduk, gue makan deh. Dan ternyata itu, pedes banget, rasanya gue pengen nangis menghayati makan ini. Gue laper , ya udah gue makanin lagi aja. Setelah gue kepedesan, gue pergi dengan wajah setengah tangis. Jalanlah gue ke kasir, perlahan tapi pasti. “mas berapa ya?”. Si mas nyebutin harga nya. Otak gue bereaksi dengan cepat ketika dengar tu harga IDR ***** ( sersor ). Otak gue udah nangis duluan, dompet gue lebih sedih. Makkkk burjo masih yang terbaik makkkkkk

Jangan lupa kritik dan sarannya. Cheers :)

Komentar

  1. Wkwkwk ������ asai lu cak, jaleh urang makai cabe rawit dek lu.. wkwkwk

    BalasHapus
  2. Wkwkwk ������ asai lu cak, jaleh urang makai cabe rawit dek lu.. wkwkwk

    BalasHapus
  3. Jangan2 warmindo nyo di upnormal kali yo ca?
    Oiyo, sedikit saran jgn lupo cek ke-typo-an sebelum dicompile, eh dipublish maksudnyo. Cayoo!

    BalasHapus
  4. Jangan2 warmindo nyo di upnormal kali yo ca?
    Oiyo, sedikit saran jgn lupo cek ke-typo-an sebelum dicompile, eh dipublish maksudnyo. Cayoo!

    BalasHapus
  5. udah makan di pak wage aja atau absal ntapss

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggap Saja Kalo Itu Berani

Disuatu hari yang cerah dan panas yang sangat terik, gue kuliah dijam yang sangat pagi, tepat disaat itu gue pembukaan disuatu acara yang katanya si peserta wajib ikut. Nah masalahnya kuliah ini sangat krusial dipengaruhi pelajaran yang sangat mematikan dan harga nilai yang tidak bisa ditoleransi. Kalk**** .  Jadi gue putusin buat dateng ke acaranya setelah kelas dan cabut dari acarasebelum kelas selanjutnya. Karena gue mahasiswa garis keras alias pejalan kaki bau peluh yang intinya gak punya motor, gue akhirnya minjem motor temen .  Gue pergi ketempat tujuan, nah sampe disana, gue jalan sok keren pasang co-card trus naik ke lantai 3 tempat acaranya. Sampai depan pintunya gue bingung dan gak berani masuk merasa diri ini sudah terlambat karena sekian jam. Setelah kebimbangan yang cukup pendek akhirnya gue mutusin pergi dan cabut buat belanja bulanan                 Gue selesai belanja tepat 2 jam sebelum kelas selanjutnya, gue putusin buat tidur dikosan dulu. Setelah nyampe dikam

AKU, KAMU dan DRAKOR

Selamat pagi, siang sore mapun malam, atau yang pengen bobok juga. Selamat bobok juga. Kali ini aku( azekkk, yang ngomong nya “aku-akuan sekarang”), eeeh salah, maksudnya gue sekarang bakalan cerita lagi (jangan bosan yak, ) . Yang bakalan gue ceritain ini bagus banget dan cewek-cewek pasti bakalan suka. Tapi sebelumnya gue pengen bahas sesuatu dulu, ini bakalan nyangkut ama apa yang bakalan gue ceritain. Ini buat cowo-cowo ya( eits ca, udah bisa lo sekarang ya  hahhah ). Kalian pada tahu dota kan?. Kalau belum tahu silahkan cari tahu sendiri, kalian udah pada punya gadget tuh. Kuota kalian pasti banyak. Tinggal search aja di search engine nya “apa itu dota” ntar bakalan keluar juga tu. Dota itu game yang banyak disukai ama cowo-cowo, buat kalian yang punya cowo ( ini pacaran ya maksudnya ) pasti bakalan merasa di nomor duakan deh. Dota bakalan menjadi tingkat pertama prioritas mereka. Dalam benak ntu cowo-cowo “ andai cewe gue suka ngedota pasti dunia gue bakalan lebih indah “.