Langsung ke konten utama

Ceritanya ini KKN part 1 - Kenalan sama KKN




Setelah bersemedi selama setahun lebih. Akhirnya, gue nulis lagi. ( yeay, boleh minta tepuk tangannya, teriakannya juga boleh, duitnya apalagi ). Seperti cerita-cerita lagi viral belakangan ini di twitter, gue juga mau ikut-ikutan nulis tentang masa-masa KKN gue.

Sedikit flashback kemasa lalu, pas gue lagi SMP dan masih puber-pubernya (anggap aja puber soalnya gue lagi suka sama cowok waktu itu, itu puber kan ya?). Gue pernah liat anak-anak KKN didaerah gue, pakai spanduk gede-gede ditempat tinggalnya “PONDOKAN KKN ****”. Biasanya anak-anak KKN ini sering banget gue liat hilir mudik mbonceng temennya sana-sini, so sweet ngak tuh kalau bonceng nya cewek cowok ya katanya sih banyak yang cinlok  (cinta lokasi ya, bukan aci dicolok), terus mereka juga suka dateng-dateng ke SD terus ngasih telur sama susu kental manis yang sachet ke anak-anak sekolah dasar kelas 1 dan 2. Sekarang gue lagi mikir itu tujuannya apa ya? Apakah mereka akan tiba-tiba jadi tinggi karena susu dan telur itu? Gue ngak tau kan bukan gue yang dikasih ehe.

Kita balik kemasa sekarang, gue juga ngejalanin KKN, dikampus gue, KKN termasuk ke dalam salah satu mata kuliah wajib jadi ngak ada pilihan buat ngak ngambil eh tapi sebenarnya ada pilihan lain ngak usah ambil terus ngak usah lulus juga sesederhana itu fergusoo. Buat orang kayak gue yang susah buat bersosialisasi ini salah ujian berat setelah masuk tahun pertama masuk kuliah (cerita ini gue bikin satu cerita lain).

Sebelum masuk pada masa-masa KKN gue yang kayaknya bakalan panjang buat gue ceritain sekarang jadi gue putusin buat cerita di part selanjutnya. Buat cerita kali ini gue bakalan mulai dari masa pemilihan lokasi KKN.  Hebatnya KKN dikampus gue lokasi KKNnya mencangkup sampai di 34 lokasi katanya ya, gue lupa juga ngeabsenin satu-satu kemarin beneran ada di 34 provinsi ntah ndak. Gue juga pengen ikut ke lokasi-lokasi yang jauh juga biar pas gue update feed Instagram ada kayak pantainya raja ampat atau mungkin gue bisa ambil di internet ya , secara ya kantong gue mungkin buat tiba-tiba liburan kesana, apalagi mak gue tiba-tiba ngasih hibah buat liburan kayaknya khayalan gue agak jauh.  

Dalam pemilihan lokasi KKNnya ada dua pilihan:  k1 yang merupakan lokasi plotingan dari kampus dan k2 lokasi luar jawa tengah yang pokoknya jauhlah dari ugm. Lokasi KKN k2 itu biasanya ada yang ngusulin sekitar 8 orang pakai jerih payah, ada persentasinya, ada pemikiran nya pokoknya ngak mungkin bangetlah kalau gue. Pas daerahnya udah disetujui atau mungkin dapet sponsor mereka bakalan buka oprec atau ngak ngecloserec buat jadi bagian tim daerah itu, nanti kalau ditotal itu jadi 30 orang. Silih berganti, oprec untuk lokasi papua sudah mulai dibuka, salah satu persyaratannya adalah berenang. Lalu pertanyaan, apakah gue bisa? Jelas tidak, kampung gue diperbukitan, ngak ada alasan buat gue berenang. Oke Papua dicoret,  waktu muter terus makin banyak daerah yang mulai buka termasuk daerah Kalimantan, muncul dibenak gue buat pengen kesana alasan gue karena pulaunya gede ngak kayak Sulawesi yang agak kurus dan banyak lautnya.  Gue lapor sama si emak, emak ragu dan sibapak ngelarang, sambil nanyain emang yakin bisa naik perahu, oke gue ngak yakin juga pak, terimakasih atas pertimbangannya, 

Temen-temen gue bahkan dah cerita kalau mereka pada diajakin buat gabung kebeberapa tim. Kalian penasarankan sama gue? jelas ngak ada yang ngajakin. Disini gue sadar ternyata gue emang ngak ada popularnya sama sekali. Nih ya, gue tu selalu merasa kalau gue itu keren, ngak banyak omong dan kalau jalan keren badai. Tapi ternyata  itu pikiran gue doang, orang bilang gue jutek, ngak ada senyum-senyumnya terus kalau ngomong kek suaranya berat bed. Gue juga pengen deh imut, punya suara cempreng dikit lah ya biar nambahin kesan imutnya. Eh kok jadi berandai-andai.  Sorry sorry lanjut cerita. Akhirnya gue mulai membela diri dan sok idealis ngak mau ikut oprec karena ibarat cinta nih ya mereka tu nyari yang cocok dan oprec diadain buat nyari orang yang cocok, mengenai masalah kecocokan ini kayak gue bukan salah satunya.

Eng ing eng, akhirnya nyampe di waktu ngisi lokasi kan ye, karena gue ngak tergabung ditim manapun gue iseng-iseng liat ke lokasi yang ditawarin di k2 disana ada kolom jumlah pemilih sama kuota. Gue liat nih ada daerah yang deket sama kampung halaman gue dan masih tinggal 5/6 kuota lagi. Gue pantau tuh lokasi selama dua hari sampe h-6 jam, masih kosong buat 3 orang. Nah dengan kebaikan hati malaikat gue, gue ajakin tuh temen satu daerah buat ngambil lokasi KKN yang sama biar kita ngak usah pada mudik lebaran, jelaslah ya kita ngak mau ngabisin duit buat harga tiket pesawat yang melambung tinggi setinggi bintang-bintang dilangit. Pas gue mau ngisi ternyata udah ada 29 orang, gue ikut ngisi aja tuh jadilah 30 ( ini boleh lebih dari kuota ya, buat ngisi dan nanti disaring sama tim pengusulnya). 

Selang sekian lama, pengumumannya keluar. Good. Gue masuk list yang harus milih daerah lagi dan temen sedaerah gue tiba-tiba ngechat kalau dia diinvite ke grup daerah yang dipilih artinya dia keterima. Ternyata sitemen gue juga ikutan ngisi kirain ngak jadi. Good memang, kebaikan mu cak. Dengan segala kepasrahan dan perasaan terluka akhirnya gue milih k1 dimana itu adalah daerah yang dipilihin dari kampus. Gue denger-denger cerita kalau daerahnya deket sama jogja dan kalian bisa ijin buat balik kejogja buat beli persiapan bahan atau lainnya, ada juga yang bilang cuman bawa baju seransel kecil terus tiap minggu nyuci dirumahnya. Lah gue, buat apa bawa baju kotor kekosan kan ngak bakalan ada yang nyuciin juga. Akhirnya setelah panjangnya cerita ini gue diplot didaerah kulon progo, yang kebetulan daerahnya diperbatasan kulon progo yang jarak tempuhnya cuman 45 menit dengan segala  halang rintang si bang jo ( lampu merah, ini Bahasa jawa ye ). Jauh ngak tuh? kalau di gue si jauh, rasa KKN beneran gue


*KKN = kuliah kerja nyata
*oprec = open recruitment
*closerec = close recruitment

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problema Burjo Si Warmindo (Warung Makan Indomie)

Kali ini gue bakalan cerita tentang gimana gue makan. Sebagai anak kosan sekaligus anak perantauan gue mencoba hidup hemat. Gue udah susah ngebedaian mana yang hemat dan mana yang pelit. Menurut perhitungan gue, duit yang dikirim ama emak dan bapak gue itu udah lebih dan banyak. Tapi, gue tetap make prinsip mau hidup hemat dan tetep nanemin kalau gue anak rantau. Ceritanya buat pembelaan diri aja. Gue kuliah di daerah yang katanya serba murah. Tapi, gue belum pernah tu makan IDR 4000 kenyang. Minimal IDR 6000, itu pun makan ama tempe 2 dan senggok ca kanggung.  *Sedikit informasi aja, gue baru tau istilah ca kangkung tu disini. Jadi ada dua perbedaan pengolahan kangkung. Satu itu ca kangkung, ca kangkung itu kangkung yang dimasak tumis pake cabe rawit jadi pedes. Nah, satu lagi tumis kangkung, tumis kangkung ini kangkung yang ditumis pedes trus dikasih kecap. Kebayang ngak gimana rasanya? Bikin dilema dan ngak yakin ini pedes atau manis. Nah, katanya tempat makan yang populer u

Kenalan singkat, kalau panjang kepanjangan

Kenalin, Ini si  icak . Ceritnya sekarang gue udah gede terus ngerantau ke pulau sebelah. Gue disini ngak punya kenalan atau keluarga, eh tapi akhirnya gue punya saudara baru tau kemarin ini —okeh ngak papa gue kuat kok—. Gue bukan anak tunggal, jadi gue punya saudara kandung. Satu kakak sama satu adik —bentukan lain kali aja gue bikin—. Gue tumbuh jadi anak yang baik dan sopan dannn ramah —ini pendapat pribadi ya, jadi bebas gue mau ngomong apa—. icak versi sd dan icak versi sma Ada yang bilang " puberty hit me hard"  kayaknya itu ngak berlaku buat gue deh dari dulu bentukkan gue sama, bedanya tinggi doang, gue ngak tiba-tiba jadi cantik habis puber —ehe—. Terus kalau kalian tanya bentukkanya gimana.Ya, mirip-mirip yang digambar lah. Rambut dikucir kayak anak sd —kucirnya harus ditengah, tegak lurus sama jidat— terus pake baju ijo —kenapa harus baju ijo yak? gue cuman punya ini doang, jadi gue buka donasi baju baru ya, harus baru—, Udah gitu

Anggap Saja Kalo Itu Berani

Disuatu hari yang cerah dan panas yang sangat terik, gue kuliah dijam yang sangat pagi, tepat disaat itu gue pembukaan disuatu acara yang katanya si peserta wajib ikut. Nah masalahnya kuliah ini sangat krusial dipengaruhi pelajaran yang sangat mematikan dan harga nilai yang tidak bisa ditoleransi. Kalk**** .  Jadi gue putusin buat dateng ke acaranya setelah kelas dan cabut dari acarasebelum kelas selanjutnya. Karena gue mahasiswa garis keras alias pejalan kaki bau peluh yang intinya gak punya motor, gue akhirnya minjem motor temen .  Gue pergi ketempat tujuan, nah sampe disana, gue jalan sok keren pasang co-card trus naik ke lantai 3 tempat acaranya. Sampai depan pintunya gue bingung dan gak berani masuk merasa diri ini sudah terlambat karena sekian jam. Setelah kebimbangan yang cukup pendek akhirnya gue mutusin pergi dan cabut buat belanja bulanan                 Gue selesai belanja tepat 2 jam sebelum kelas selanjutnya, gue putusin buat tidur dikosan dulu. Setelah nyampe dikam