Langsung ke konten utama

Ceritanya KKN part 3 - Icak berteman



Masuk ke bagian selanjutnya, gue dilema milih bahas perteman atau asmara dulu. Bentar gue mikir dulu. Oke gue cerita yang pertemanan dulu. Kalau ditanya gue orang sosialis atau ngak. Gue tu orang sosialis, kenapa? gue punya tai lalat di bibir, kata orang sih cerewet dan aslinya bener gue emang cerewet pakai banget. Ngomong aja terus. Terus aja ngomong ngak usah berenti. Oke mantap.


Tapi aslinya, tiap gue tanya ke orang-orang first impression kalian kenal gue gimana, mereka jawab jutek lah, ngak bisa senyum lah, judes lah. Kok ngak ada yang positif ya, padahal mereka kalau ngomong sama gue juga bakalan ketawa sampai nahan pipis ( ini momennya lagi pas aja pas mereka mau pipis gue tahan dulu buat ngobrol makanya pada nahan pipis bukan karna gue lucu jadi pas gue cerita nanti kesannya gue keren padahal ngak). Akhirnya gue selidiki, ternyata wajah gue emang agak serius lebih mengarah ke kejam sih, ditambah suara gue yang agak berat ( agak ya bukan berat kayak beban hidup kalian). Gue punya temen suaranya juga berat tapi dia cantik jadi ngak ada tuh yang bilang dia kejam. Gue ngak papa deh dibilang cantik, dari pada jadi … apa ya? ( sorry ngak ada perbandingan yang lebih bagus ternyata ). Jadi intinya buat gue gabung ke kelompok orang yang rata-rata gue ngak kenal eh emang ngak kenal semua deng, itu tu bikin gue stress. Pas pertama kali kelompok kebentuk kan rame-rame tuh pada bikin grup di salah satu aplikasi chat. Temen-temen gue yang senasib diplot kayak gue pada bilang, "iya gue ada yang gue kenal nih teman sejurusan", secepat kilat dong gue buka grup gue eh malah ngak ada yang gue kenal kan. Good job cak

Pas dikumpul perdana orang sebelah gue itu orang asli jogja dan SMA disalah satu SMA terbaik dijogja yang kebetulan temen-temen gue ada yang berasal dari sanan. Dari beberapa artikel yang gue baca, cara bergaul yang baik itu jangan tanya pertanyaan basa basi ntar lawan bicara kalian bakalan bosen terus kayak ngak mau ngobrol lagi. Nih contohnya kalian ketemu orang baru terus kalian nanya, “ orang mana mbak, mas?” Nah abis ini kalau dia jawab orang madura sementara kalian orang jambi kan pembicaraannya jadi keputus karena ngak tau mau ngomong apa lagi kan yak. Gue terapin nih tips ini buat ngobrol sama orang baru, jadi gue nanya pertanyaan bukan basa basi tapi malah jadi sok tau. Dari pada nanya asalnya dari mana, gue nanya dong “mbak asli jogja ya?” Sotoy ngak tu untung bener ehe. Nah simbak jawab dong, o iya aku orang jogja. Asyik teknik gue berhasil nih. Akhirnya gue ngobrol sampai kenalan nama, yang sebenarnya ditengah2 ngobrol gue lupa namanya.

Usut punya usut dia orang asli jogja dan sekolah di sma temen sejurusan gue berasal. Sebelum gue ketemu perdana ini, temen gue pernah ngeliat nama-nama orang digrup itu terus nyebutin kalau ini teman sekelasnya. Pas ngobrol ini gue sebutin tuh anak-anak yang dari sma nya dia kali aja kenal. Pas nyebut nama temen gue (yang udah liat grup tadi ), dia bilang "hoo iya itu temen sekalas ku". Gue reflek dong ngomong “Ho oh, kemarin juga dia ngomong kayak ini temen ku deh” Si mbak kaget dong, “ kayaknya?? orang kita sekelas masa' dia bilang kayak??” Ampun gue salah ngomong nih, ehehe


Setelah kkn berjalan beberapa waktu gue, gue cerita kalau gue takut masuk disub unit sekarang soalnya banyak ketuanya, yang ketua cluster lah, ketua unit lah ketua subunit lah yang sekretaris lah. Ketua unit gue membagi sub unit ini penuh perhitungan banget sekaligus ngak menyulitkan dia. Kita di bagi sesuai cluster kita dan urutan nama. Karena nama gue A jadilah gue di sub unit pertama yang dipenuhi orang-orang penting ini. 


Semoga aja temen kkn gue ngak baca ya, jangan dibilang bilang lo ini. Gue sebagai anak males pakai banget ini kecewa dong. Aduh gue harus rajin nih, kan ngak mungkin kalau gue males males sendiri adanya gue dimarahin dikucilin dari pergaulan ehehe.

Yang bikin gue kaget tak terhingga sepanjang masa, ternyata mereka juga ngak pengen gue disitu. Banyak yang mikir ni orang ngak bakalan seru nih, diem diem bae. Omg gue yang sok iye ternyata sok sok ngak suka ternyata orang lain juga ngak suka.

Setelah kkn selama 50 hari, banyak lah yang terjadi mulai dari gue yang keceplosan bilang tentang cewek ( anggap saja namanya bunga ) yang lagi suka sama cowok ( kalau ini lebah) dan gue becandain didepan orang-orang ramai termasuk ada sibunga dan lebah. Gue kira itu becandaan eh ternyata beneran gais. Si bunga yang awalnya mau cerita dikamar jadi ngak cerita sama sekali, gara-gara gue. Gue jadi jarang dikamar, takut ntar pada diem-diem kan jadi horror yak. Tapi tenang, gue tetap tau gossip apa pun itu, herannya gue walau gue jarang bisa ngobrol sama orang tapi gue tergabung di grup gossip nya orang, lambe ember bocor dikit lah. Lah kok bisa? Katanya lu susah ngomong cak, sorry guys ini cuma bakat alami gue. Diantara 30 orang dikkn gue termasuk gue ini yah, orang lainnya cuma 29. Paling yang kenal gue cuman 10 orang. Itupun karena apa ya? itu gue juga kurang tau, besok gue wawancarai kalau mereka masih mau ngomong sama gue.



Kalau gue pikir-pikir gue anaknya kurang ekspresif sama orang-orang baru. Sepanjang kkn, kebanyakan muter-muter dirumah warga sambil motoran tapi berhubung motor ngak kesayangan gue yang biasa dipanggil yeli ( tipe mio j kuning jadi namanya yeli ) dibilang rapuh karena ban tipis dan shockbreaker udah ngak bagus, si yeli jadi ngak cocok sama medan yang berbatu. Akhirnya gue nebeng sama salah satu cowok di subunit gue. Walaupun sama-sama anak saintek tapi gue bingung ngobrol apa sama dia, ngak ada yang sama gue ngotak ngatik komputer dia malah biologi, gue sumatera dia jawa dan ujung-ujungnya gue diem sepanjang jalan kenangan. Suatu malam, pas gue dan teman se subunit lagi berenti buat makan dia bilang dong "ngebonceng icak itu kayak bonceng karung beras, berat iya, ngomong kagak".

Tapi tenang, gue ngak seansos itu kok buat berteman, selama kkn gue punya temen kok buat kemana-mana. Ada simawar, ada melati jugak, ada semuanya indah eheh. Becanda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problema Burjo Si Warmindo (Warung Makan Indomie)

Kali ini gue bakalan cerita tentang gimana gue makan. Sebagai anak kosan sekaligus anak perantauan gue mencoba hidup hemat. Gue udah susah ngebedaian mana yang hemat dan mana yang pelit. Menurut perhitungan gue, duit yang dikirim ama emak dan bapak gue itu udah lebih dan banyak. Tapi, gue tetap make prinsip mau hidup hemat dan tetep nanemin kalau gue anak rantau. Ceritanya buat pembelaan diri aja. Gue kuliah di daerah yang katanya serba murah. Tapi, gue belum pernah tu makan IDR 4000 kenyang. Minimal IDR 6000, itu pun makan ama tempe 2 dan senggok ca kanggung.  *Sedikit informasi aja, gue baru tau istilah ca kangkung tu disini. Jadi ada dua perbedaan pengolahan kangkung. Satu itu ca kangkung, ca kangkung itu kangkung yang dimasak tumis pake cabe rawit jadi pedes. Nah, satu lagi tumis kangkung, tumis kangkung ini kangkung yang ditumis pedes trus dikasih kecap. Kebayang ngak gimana rasanya? Bikin dilema dan ngak yakin ini pedes atau manis. Nah, katanya tempat makan yang populer u

Kenalan singkat, kalau panjang kepanjangan

Kenalin, Ini si  icak . Ceritnya sekarang gue udah gede terus ngerantau ke pulau sebelah. Gue disini ngak punya kenalan atau keluarga, eh tapi akhirnya gue punya saudara baru tau kemarin ini —okeh ngak papa gue kuat kok—. Gue bukan anak tunggal, jadi gue punya saudara kandung. Satu kakak sama satu adik —bentukan lain kali aja gue bikin—. Gue tumbuh jadi anak yang baik dan sopan dannn ramah —ini pendapat pribadi ya, jadi bebas gue mau ngomong apa—. icak versi sd dan icak versi sma Ada yang bilang " puberty hit me hard"  kayaknya itu ngak berlaku buat gue deh dari dulu bentukkan gue sama, bedanya tinggi doang, gue ngak tiba-tiba jadi cantik habis puber —ehe—. Terus kalau kalian tanya bentukkanya gimana.Ya, mirip-mirip yang digambar lah. Rambut dikucir kayak anak sd —kucirnya harus ditengah, tegak lurus sama jidat— terus pake baju ijo —kenapa harus baju ijo yak? gue cuman punya ini doang, jadi gue buka donasi baju baru ya, harus baru—, Udah gitu

Anggap Saja Kalo Itu Berani

Disuatu hari yang cerah dan panas yang sangat terik, gue kuliah dijam yang sangat pagi, tepat disaat itu gue pembukaan disuatu acara yang katanya si peserta wajib ikut. Nah masalahnya kuliah ini sangat krusial dipengaruhi pelajaran yang sangat mematikan dan harga nilai yang tidak bisa ditoleransi. Kalk**** .  Jadi gue putusin buat dateng ke acaranya setelah kelas dan cabut dari acarasebelum kelas selanjutnya. Karena gue mahasiswa garis keras alias pejalan kaki bau peluh yang intinya gak punya motor, gue akhirnya minjem motor temen .  Gue pergi ketempat tujuan, nah sampe disana, gue jalan sok keren pasang co-card trus naik ke lantai 3 tempat acaranya. Sampai depan pintunya gue bingung dan gak berani masuk merasa diri ini sudah terlambat karena sekian jam. Setelah kebimbangan yang cukup pendek akhirnya gue mutusin pergi dan cabut buat belanja bulanan                 Gue selesai belanja tepat 2 jam sebelum kelas selanjutnya, gue putusin buat tidur dikosan dulu. Setelah nyampe dikam