Langsung ke konten utama

Trans Jogja part 1 - Tata Cara Memilih Pakaian



Gue bakal cerita dikit tentang trans jogja dan pentingnya memilih warna pakaian yang tepat naik kendaraan umum.

Nah, gue kan typical orang pemalu yang malu-maluin gitu. Kalau ditanya panjang lebar gue jawabnya “ iya ” kalau ngak “ ho oh ”, gue takut tuh kalau orang yang nanya bakal kepo lebih kan gue jadi gagap, tersipu malu sampai pengen pipis kalau jawab pertanyaan bertubi-tubi gitu. Ntah kena angin apa, pas gue buka Instagram, gue nemu intership atau magang buat mahasiswa gitu yang ngak ada syarat minimalnya umur dan macem-macemnya lagian yang ngadain juga BUMN. Nah, gue coba-coba daftar kan kali aja keterima dan bisa ngerubah gue jadi ngak pemalu dan komunikatif kan ya soalnya judul magangnya “ Youth Challenge Project”, wih buat anak muda nih, gue banget gituloh. Terus gue ngisi formulir dan ngerjain challenge nya.­ Singkat cerita gue dipanggil buat persentasiin jawaban challenge gue ke kantornya.

Seperti cerita sebelumnya, gue adalah mahasiswa garis keras alias pejalan kaki dan persentasi nya itu siang yang sangat panas. Akhirnya gue mutusin buat pergi naik trans jogja biar bisa ngadem pas banget kantornya deket shelter trans jogja. Gue juga ngak tau kenapa gue ngak naik ojek online dulu, mungkin karna gue hemat kali ya.
*jadi naik trans jogja itu ongkos dulu Rp. 3.500, tujuannya bebas kemana aja kalau transit juga ngak bayar yang penting ada shelternya

Karena judulnya gue bakalan persentasi, gue berangkat nih dengan gaya yang agak rapi, kemejaan, jilbab item sama pake jeans. Rapi nya gue tu kayak gitu, biasanya kalau kemana-mana itu model gembelan ehe.

Setelah satu jam gue dicerca sama pertanyaan yang bikin gue pengen pipis karena AC nya terlalu dingin  akhirnya gue mutusin buat balik ke kampus dan balik naik trans jogja lagi. Kenapa ? karena deket fakultas gue ada shelter trans jogja juga sekalian ngadem kan.

Gue sebenernya rada-rada bingung buat balik kekampus itu harus naik trans jogja nomer berapa. Biasanya pas mau bayar karcis gitu, mbak-mbaknya itu bakal bantuin kita harus naik apa terus pas transit ganti trans jogja nomer berapa. Pas lagi nungguin si trans jogja gue denger orang yang lagi ngobrol kayaknya kita bakal ditujuan yang sama. Tapi pas dishelter pertama dia nya langsung turun gue kaget to, panik takut salah turun eh, ternyata dia pegawai trans jogja ehe

Akhirnya gue transit, bus tujuan ke fakultas gue datang. Kebetulan yang datang itu armada bus yang baru, kalau biasanya bus nya warna ijo sekarang warna biru dan sibus nya lagi penuh, jadi gue kebagian berdiri dideket kondektur dan ini jamnya bertepatan sama anak-anak sekolah pada pulang.
Jadi di pintu trans jogja itu ada penjaganya yang ngasih aba-aba kalau bus nya bakal sampai dimana dan buat tujuan kemana bisa turun dimana. Biasanya di bus yang ijo, kondekturnya itu pakai baju ijo yang ada batik-batiknya tapi gue ngak tau kenapa sekarang kondekturnya pakai seragam item putih kayaknya biar baru aja gitu ya.

Kalo di itung-itung dari kantor tadi ke kampus itu ngelewatin 3 shelter dan gue turun di shelter ke- 4. Pas di shelter ke 3, ternyata penumpangnya banyak yang pada turun jadi busnya sepi dan tinggal beberapa orang saja, jadinya kursi-kursinya pada kosong.

Enaknya trans jogja itu, kondekturnya ramah-ramah. Selalu bantuin penumpang kalau lagi kehilangan arah dan kecapekan berdiri.  Pas udah selesai berenti di shelter 3. Pak kondekturnya itu nyapa gue
“mbak duduk aja, itu ada kursinya yang kosong “
Nah kan gue sok ramah, lagian kalau gue duduk juga nanggung bentar lagi juga turun.
“ngak usah pak, ngak papa saya berdiri aja nanggung soalnya bentar lagi juga turun”
 “mba duduk aja, itu bnyak tempat kosong”
Kondekturnya cuman ngangguk2

Trus ntah dari mana dateng suara ibu2 kayak manggil mbak gitu. Gue merasa kan soalnya yang kayak mbak-mbak itu cuman gue sisanya ibuk-ibuk sama anak-anak. Akhirnya gue menoleh dengan penuh kehati-hatian takut gue bebuat salah atau dikira kentut pas lagi rame tadi. Ternyata si ibuk duduk di paling belakang
“ mbak, tak kirain dari tadi mbak nya pegawai trans jogja lo seragamnya sama lo itu makanya dari tadi ngak duduk, eh ternyata bukan toh” ibuknya ngomong setengah teriak.
Gue geleng-geleng kan terus ngangguk kasih senyum dikit ehe artinya gue salah tingkah banget. Pak kondekturnya juga ngangguk setuju.
“makasih lo pak, saya jadinya magang ditrans jogja aja, udah totalitas juga ehe “



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Problema Burjo Si Warmindo (Warung Makan Indomie)

Kali ini gue bakalan cerita tentang gimana gue makan. Sebagai anak kosan sekaligus anak perantauan gue mencoba hidup hemat. Gue udah susah ngebedaian mana yang hemat dan mana yang pelit. Menurut perhitungan gue, duit yang dikirim ama emak dan bapak gue itu udah lebih dan banyak. Tapi, gue tetap make prinsip mau hidup hemat dan tetep nanemin kalau gue anak rantau. Ceritanya buat pembelaan diri aja. Gue kuliah di daerah yang katanya serba murah. Tapi, gue belum pernah tu makan IDR 4000 kenyang. Minimal IDR 6000, itu pun makan ama tempe 2 dan senggok ca kanggung.  *Sedikit informasi aja, gue baru tau istilah ca kangkung tu disini. Jadi ada dua perbedaan pengolahan kangkung. Satu itu ca kangkung, ca kangkung itu kangkung yang dimasak tumis pake cabe rawit jadi pedes. Nah, satu lagi tumis kangkung, tumis kangkung ini kangkung yang ditumis pedes trus dikasih kecap. Kebayang ngak gimana rasanya? Bikin dilema dan ngak yakin ini pedes atau manis. Nah, katanya tempat makan yang populer u

Kenalan singkat, kalau panjang kepanjangan

Kenalin, Ini si  icak . Ceritnya sekarang gue udah gede terus ngerantau ke pulau sebelah. Gue disini ngak punya kenalan atau keluarga, eh tapi akhirnya gue punya saudara baru tau kemarin ini —okeh ngak papa gue kuat kok—. Gue bukan anak tunggal, jadi gue punya saudara kandung. Satu kakak sama satu adik —bentukan lain kali aja gue bikin—. Gue tumbuh jadi anak yang baik dan sopan dannn ramah —ini pendapat pribadi ya, jadi bebas gue mau ngomong apa—. icak versi sd dan icak versi sma Ada yang bilang " puberty hit me hard"  kayaknya itu ngak berlaku buat gue deh dari dulu bentukkan gue sama, bedanya tinggi doang, gue ngak tiba-tiba jadi cantik habis puber —ehe—. Terus kalau kalian tanya bentukkanya gimana.Ya, mirip-mirip yang digambar lah. Rambut dikucir kayak anak sd —kucirnya harus ditengah, tegak lurus sama jidat— terus pake baju ijo —kenapa harus baju ijo yak? gue cuman punya ini doang, jadi gue buka donasi baju baru ya, harus baru—, Udah gitu

Anggap Saja Kalo Itu Berani

Disuatu hari yang cerah dan panas yang sangat terik, gue kuliah dijam yang sangat pagi, tepat disaat itu gue pembukaan disuatu acara yang katanya si peserta wajib ikut. Nah masalahnya kuliah ini sangat krusial dipengaruhi pelajaran yang sangat mematikan dan harga nilai yang tidak bisa ditoleransi. Kalk**** .  Jadi gue putusin buat dateng ke acaranya setelah kelas dan cabut dari acarasebelum kelas selanjutnya. Karena gue mahasiswa garis keras alias pejalan kaki bau peluh yang intinya gak punya motor, gue akhirnya minjem motor temen .  Gue pergi ketempat tujuan, nah sampe disana, gue jalan sok keren pasang co-card trus naik ke lantai 3 tempat acaranya. Sampai depan pintunya gue bingung dan gak berani masuk merasa diri ini sudah terlambat karena sekian jam. Setelah kebimbangan yang cukup pendek akhirnya gue mutusin pergi dan cabut buat belanja bulanan                 Gue selesai belanja tepat 2 jam sebelum kelas selanjutnya, gue putusin buat tidur dikosan dulu. Setelah nyampe dikam